07
Nov
08

Tak Mau Terkenal Karena Gosip yang Di Buat-Buat

“Yang membuat saya senang, selain mendapat karakter yang berbeda-beda, rating-nya juga selalu lumayan, lho!” tukas Bunga senang.

Perjalanan karier seorang pendatang baru sangat dipengaruhi bakat dan keberuntungan. Bunga Zainal (21), si Suci dalam gala sinetron Suci, menyadari benar hal itu. Tak heran cewek kelahiran 23 Februari 1987 ini sangat serius memilih dan memilah peran yang datang dan getol memainkan karakter yang bervariasi. “Setiap tiba di lokasi saya selalu tertantang bermain bagus. Bukan cuma karena ingin dapat respons yang baik dari masyarakat, tapi juga ingin mendapat rating yang baik,” ujar Bunga jujur. Kepedulian anak ke-4 dari 6 bersaudara ini, sikap positif yang jarang dimiliki sesama pendatang baru. Menurut Bunga dengan terus memotivasi diri, semangat kerjanya berlipat ganda. “Memang sih akting aku orang yang menilai, tapi aku juga harus terus mengukur kemampuan. Aku ingin ada perkembangan tiap sinetron yang aku mainkan. Misalnya, kalau dulu aku butuh bantuan tetes mata, sekarang aku sudah bisa tanpa alat bantu,” jelas Bunga yang belum mau berpuas diri.

Satu lagi yang unik dalam diri Bunga, keberaniannya menolak tawaran yang dianggap kurang cocok. “Ada juga tawaran main sinetron religius yang hanya satu episode, tapi aku merasa nggak sreg dengan tema-temanya, agak seram, jadi aku lebih memilih main di sinetron serial saja,” lanjut Bunga. Gadis berambut panjang ini melihat masih banyak jalan bagi dirinya untuk memainkan peran-peran yang lain daripada yang lain. Peran-peran itu antara lain bisa dibilang ia peroleh dengan bermain dalam sejumlah FTV di salah satu stasiun “Aku ingin jadi orang gila, orang miskin, dan sejenisnya. Dan nggak tahu kenapa, perannya di FTV selalu cocok,” ulas Bunga. Sejauh ini, peran-peran yang dimainkan Bunga memang cukup mengeksplor talenta aktingnya. Misalnya dalam Elu Bukan Gue, cewek yang hobi jalan-jalan ini berhasil menghidupkan tokoh Lilin yang minderan karena memiliki tanda lahir di wajah. Atau sebagai cewek ABG yang super bawel di Aku Masih Usia 14. “Yang membuat aku senang, selain mendapat karakter yang berbeda-beda, rating-nya juga selalu lumayan, lho!” tukas Bunga senang.

Pertautan Bunga dengan dunia karier tak pernah direncanakan sama sekali. “Semua serba kebetulan. Aku nggak pernah ikut-ikutan jadi model. Kebetulan aku ada teman yang tugasnya meng-kasting orang-orang di sebuah biro iklan. Suatu ketika dia mengundang aku kasting iklan, eh, dapat. Iklan pertama aku Kacang Iyess. Setelah itu ikut kasting lagi, malah lebih beruntung,” bilang gadis yang biasa memakai sepatu ukuran 37 ini tersenyum. Keberuntungan Bunga tak berhenti sampai di situ. Sekitar 2003, Bunga mengantar kakaknya, pesinetron Vicky Zainal untuk kasting sinetron, tapi malah ditawari main sinetron Curi Pandang Curi Perhatian. “Rasanya kaget campur senang. Apalagi mainnya langsung jadi peran utama, bareng Marini Zumarnis, Derry Drajat. Akting pertama rasanya masih kaku, nggak puas banget, deh. Untung mereka baik, mau mengajari aku,” kenang Bunga.

Selanjutnya, Bunga banyak menerima peran. Tak hanya peran utama, tapi juga peran pendukung. “Baru tahun 2005 aku dapat peran utama lagi,” katanya. Dari semua pengalaman aktingnya, satu yang cukup dikenang Bunga, saat main film pertamanya,

Panggil Namaku 3 Kali. “Memang cuma peran pendukung, tapi karena itu akting pertama aku di film, rasanya menyenangkan banget,” tawa Bunga. Malah karena asyik syuting itu Bunga terpaksa melupakan mimpinya menjadi pramugari dan menunda keinginannya melanjutkan kuliah. “Kebetulan saat mulai syuting baru selesai SMA, karena ada kesempatan aku terima. Eh, kok malah keterusan. Ya, sudah aku pikir mungkin ini sudah jalannya,” bilang Bunga. Untuk urusan jadwal, Bunga mengaku beruntung dibanding rekan-rekan seusianya. “Aku ini selesai SMA kecepetan. Umur 15 sudah lulus, jadi selagi pemain lain pusing membagi waktu, aku malah santai-santai saja. Mungkin itu juga yang membuat sutradara senang memberi aku peran, hehehe,” urai Bunga.

Seiring kariernya yang melejit, Bunga mulai mendapat tawaran yang lebih beragam dan lebih berat. Ada cerita seru juga di balik karier Bunga yang masih terbilang hijau. “Banyak sekali yang bilang alu mirip Bella (Laudya Chintya Bella -red) atau Dewi Perssik, malah banyak yang salah panggil, hehehe. Enak nggak enak sih,” ujar Bunga tentang pengalaman lucunya. Untuk itu tak heran ia rajin mengubah penampilan, entah itu tatanan rambut atau gaya berpakaian. “Kadang rambut dipotong, diwarnai, atau dibuat bergelombang,” cetus Bunga. Tanpa disadari, perhatiannya pada penampilan sedikit membantunya menata diri. “Tadinya ‘kan aku bukan cewek yang feminin. Aku nggak begitu peduli penampilan. Biasanya baru saat mau pergi ke mana aku baru heboh. Sekarang lumayan juga, koleksi pakaian dan aksesoris lebih banyak,” jelas gadis yang hobi jalan-jalan ini.

Meski sangat antusias menatap masa depan, Bunga lebih suka melangkah setapak demi setapak. “Aku lebih senang pelan tapi pasti, daripada cepat tapi karena bantuan gosip. Sekarang saja aku takut kalau ada yang bilang aku berpacaran dengan sesama artis (Nicky Tirta -red) karena ingin naik. Aku nggak pernah merencanakan lho.

Selain bertekad memiliki karier panjang dan gemilang, putri pasangan Syafury dan Evi Zainal ini ingin jadi artis yang mampu menyeimbangkan popularitas dan kualitas.“Aku senang banget dengan kegiatanku. Capek dan sibuk memang, tapi aku sangat menikmati. Malah kalau sekarang masih lebih banyak, aku ingin main film lagi. Bagiku ada perbedaan cara kerja antara film dan sinetron, dan itu membuat aku tertantang. Pokoknya aku akan terus main, sampai nggak terpakai lagi,” pungkas Bunga mantap.


0 Responses to “Tak Mau Terkenal Karena Gosip yang Di Buat-Buat”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

